Nyanyian Ilalang

By: Lely Noormindhawati   Cuaca di rumahku makin mendung saja. Kondisi ini sudah bermula hampir satu bulan yang lalu, saat ketegangan antara bapak dan ibuku kian tak terkendali. Kehadiran orang ketiga di tengah keluargaku adalah pemicu percekcokan keduanya. Dan bisa ditebak sobat, ibuku terbakar api cemburu yang luar biasa! Entah kenapa bapak yang dinilai ‘alim’

Read More

Darah di Ankara

By: Syahid alFatih   Ankara, Turki. 12 Mei 1920 Ismat! Aku tahu, bayangan yang berkelebat di hadapanku adalah wajah Ismat sahabatku. Aku mencoba mengejarnya. Langkahku terhenti oleh mesiu yang meledak di sampingku. Bum!!! Reflek aku meloncat ke samping kiri. Ledakkkan itu tidak melukaiku. Walau darah tetap saja mengalir di sikut kiriku, yang terluka oleh duri

Read More

Thony Si Ikhwan

By: Agusmantono   THONY orangnya cakep, cool and confident. Body atletis tampang Mandarin. Mirip-mirip personel F4. Apalagi kalau dilihat dari lantai tiga GB III tempat Thony kuliah. Sempurna. Pantas cewek-cewek seisi kelas semua pada nguber-nguber doi. Bukan cuma teman-teman seangkatan, kakak-kakak tingkatnya pun pada ikut-ikutan nguber. Semua coba pdkt sama Thony, propose-nya tentu kalau bisa

Read More

Wawan Sang Relawan

By: O. Solihin   “Duka Aceh, Duka Kita Semua”, begitu bunyi salah satu poster yang dibentangkan beberapa peserta aksi solidaritas anak-anak SMU untuk korban gempa dan tsunami di Aceh. Tampak Ogi dan Jamil mondar-mandir dengan ikat kepala bertuliskan “Aksi Peduli Aceh”. Jamil membawa megaphone yang talinya diselendangkan ke pundak kirinya. Tangan kanannya memegang mikrophone sambil

Read More

Blue Film

By: Koko Nata   “Eh gimana kemaren?” “Gila!!! Horor banget” “Apanya?” “Pemainnya!!! Hot banget. Gue sampe nggak tahan” “Nggak tahan apa ?” “‘Ih, nanya lagi!” “Habis nonton kalian ngapain?” “Biasa Man… Sret…sret… sret …He…he…he…” “Pelampiasan nih ye… ” “Eh ngomong apaan sih? Udah pada ngerjain PR Kimia belum?” Joe mengusik bisik-bisik Reno dan Delon. Keduanya

Read More

Tadabur Keinsyafan

By: Aulia Fakhrunnisa’   Bagi sebagian orang, cinta itu indah. Hmm.. kayaknya nggak begitu, deh. Coba aja liat Surti dan Tejo. Cintanya bubar gara-gara Tejo yang dulu alim, maksudnya waktu mereka pacaran di moshola kampung, Tejo berkoko, berkopiah plus pakai sarung. Kini setelah kembali dari perantauannya di kota, Tejo jadi lebih gaul dan lebih hedon.

Read More

Satu Pesona

By: Tary   Vivin memeriksa kembali arloji di tangan kirinya. Jam 5 sore. Ck! Sudah lewat satu jam tapi Ayu belum juga menampakkan diri. Tak biasanya Ayu ngaret kalau ada janji. Apalagi ini penting. Mereka akan mengunjungi Udin, salah satu murid ngajinya yang kecelakaan tempo hari. Dit…dit…dit…dit… Suara SMS yang masuk di handphone-nya membuat Vivin

Read More

Puzzle

By: 341   “Bi…, bantuin Umi ya bikin puzzle buat minggu depan” rengek istriku semalam. Baru aja doi dua bulan kuliah di PGTK Darul Qalam. Tapi tugas-tugas dari dosen yang memeras keringat, waktu, tenaga, pikiran, dan isi dompet udah ngantri setiap minggunya. Dan sore ini, aku tengah berburu tukang lukisan buat bikin gambar puzzle. Seingatku,

Read More