Cinta Monyet

By: Ree Noem

 

Sabtu, 20 Juli 2006

Dear diary, hari ini gue baca pengumuman penerimaan murid baru di SMUN 1 Nusantara. Dan hasilnya, gue diterima. Asyik… gue masuk di sekolah favorit, plus sekolah yang banyak cewek kerennya. Cihuy…

Di, kayaknya nih, pepatah lama “sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui” bisa kejadian. Masuk sekolah favorit, belajar plus ngeceng dan dapet gebetan. Wow, manstap man!

Oke deh di, gitu aja yah kabar dari gue. Ntar kita sambung lagi. Gue mo tidur dulu. Bye Di.

 

Senin, 22 Juli 2006

Hi Di, hari ini hari pertama aktivitas di sekolah. Abis deh gue dikerjain kakak kelas. Suruh nyanyi di depan kelas, push up, sampe di suruh ngecengin kakak kelas cewek. Gile, gue nggak abis pikir. Katanya udah nggak ada plonco-ploncoan. Tapi kok praktek beginian masih ada yah?

Di, tau nggak lo kalo masa orientasi ini masih harus berlanjut sampai seminggu? Sadis! Besok gue dapet kerjaan apalagi ya? Besok, gue disuruh bawa roti lekker rasa keju, bunga melati, beng-beng, permen sugus, pokoknya banyak banget deh. Terus, itu tuh kudu dirangkai jadi kalung, lagi. Waduh, kenapa juga nggak bawang putih aja ya biar vampir nggak deket-deket? Hihihi…

Yah, beginilah nasib jadi junior. Selalu tertindas. Tapi di, di hari pertama ini gue udah dapet target nih. Dahsyat! Nih cewek asyik, cantik, baik, tampangnya alim (soalnya pake kerudung dan seragamnya longgar bgt) dan keliatannya sih pinter. Tapi… doi tuh senior, man! Gemana ya? Sikat aja kali ya?

Lo mau tau nggak Di? Tadi, waktu acara kenalan di lapangan sekolah, doi ikut ngenalin diri. Namanya Juwita. Alamak, pas banget deh sama tampangnya. Doi kelas II. 1. dan tinggal di Perumahan Bukit Mutiara. Hmm… tajir juga! Kira-kira udah punya cowok belum, ya? Besok lagi deh kita hunting info soal doi. Sekarang kita rangkai kalung vampir dulu. See you Di!

 

Selasa, 23 Juli 2006

Hari ini hampir aja gue nggak ngeliat si teteh Juwita. Katanya sih pagi tadi doi dapet tugas khusus dari sekolah. Nggak tau tugas apaan. Yang jelas hari ini super garing. Baru masuk kelas, kalung vampir yang dibikin kudu dikalungin. Udah gitu, tiap 5 orang kudu maju ke depan kelas dan menari hula-hula. Parah!

Tapi d ibalik kegaringan itu, ada surprise lho buat gue. Lo bingung, kan? Begini ceritanya, waktu bel istirahat bunyi, gue langsung cabut ke kantin dan pesan nasi goreng. Gue nggak tau gimana, tapi waktu pesanan gue datang, pesanan itu ketukar sama punya orang. Masa nasi goreng jadi soto ayam? Tapi, soto ayam pesanan siapa coba? Punya si teteh Juwita! Aduh, surprise deh. Pelan-pelan, gue deketin deh dia.

“Kak, maaf. Kayaknya pesenannya ketukar, deh?”

Yang ditanya bingung.

“Ini?” tanyanya sambil menunjuk piring nasi goreng di hadapannya. Gue manggut aja.

“Oh, maaf. Saya nggak ingat kalo saya pesan soto. Jadi ini nasi goreng kamu?”

Gue manggut untuk kedua kalinya.

“Tapi nasi gorengnya udah saya makan.gimana, dong?” doi bingung. Gue juga gagap. Asli salting abis.

“Gimana, ya?” kata gue sambil garuk-garuk kepala.

“Ya udah, kalau kamu suka soto ayam itu, kamu makan aja. Biar saya yang bayar!”

“Nah lho!” Gue bengong. Suer!

 

Sabtu, 27 Juli 2006

Halo Diary, sori banget nih gue lagi happy. Maklum aja, hari ini adalah hari terakhir masa orientasi. Dan mulai senin besok, gue udah resmi jadi siswa SMUN 1 Nusantara. Mantap!

Mulai hari senin, gue udah mulai belajar. Oh ya, gue kebagian di kelas I.2. katanya sih termasuk kelas unggulan. Tapi, menurut pengalaman gue di SMP nih, kelas unggulan biasanya justru jadi kelas dengan siswa terbadung. Maybe, guelah nanti yang jadi siswa terbadungnya, hihihi..

BTW, Kepala Sekolah waktu pidato di upacara penutupan masa orientasi tadi bilang kalo siswa-siswa di sini dapat kemudahan koneksi internet gratis dan punya account e-mail di situs sekolah. Nggak sabar deh gue pingin liat situs www.smunusantara.ac.id.

Gue mo buka situsnya dulu yah… Good bye Diary!

 

Minggu, 28 Juli 2006

Eh Diary, tadi gue ke warnet dan buka situs sekolah gue. Lumayan keren lho situsnya. Ada fasilitas chatting lagi buat penghuni sekolah. Asyik! Bisa nyari gebetan baru dan nyari tau id-nya si teteh juwita nih!

 

Minggu, 4 Agustus 2006

Diary, gue tadi ke warnet. Kali ini seru banget deh! Gue akhirnya tau kalo id si teteh Juwita itu “bunga_nusantara861”. Yang lebih serunya, doi online juga. Jadi chatting bareng deh!

Aduh Di, gue makin suka sama doi, nih. Waktu ngobrol via chatting, doi tuh asyik banget. Oh ya, awalnya doi nanya gue siapa.

“Maaf bgt, kmu siapa ya?”tanyanya, ya gue jawab aja “Inget nggak kejadian di kantin dulu? Waktu pesanan kmu ktukar sama pesanan saya?”

“Oh, jadi kmu si adik kelas berkacamata itu? Hmm.. mirip detektif Conan!” Aduh, kena deh gue!

“Koq kmu bs tau id saya? Tau dr mana?” tanyanya.

“Ada deh!” jawab gue singkat.

Aduh Di, happy banget gitu lho bisa chatting sama doi!”

 

Senin, 5 Agustus 2006

Diaryku sayang, hari ini gue ketemu langsung sama doi. Aduh, girang banget, deh!

“Eh kacamata, kamu yang chatting kemarin, kan?” tanyanya waktu papasan di koridor sekolah.

“Iya. Emang kenapa, kak?” Ehm.. gue masih manggil dia kakak nih. Biasa jaim dikit, lah..

“Nggak apa-apa. Udah sholat zuhur belum?” tanyanya lagi. Aduh, kok yang ditanya itu, ya?

“Belum, kak” jawab gue sambil nyengir

“Ye.. belum sholat kok nyengir sih? Sholat dulu sana. Udah jam satu nih! Keburu masuk kelas lagi”

Aduh di, tengsin berat deh gue waktu itu. Tapi jujur aja, gue jadi tambah suka doi luar dalem deh! Tinggal pdkt sedikit lagi, en… tapi gimana pdktnya yah? Apalagi nembak doi. Gimana yah?

Bodo deh, yang penting sekarang judulnya HAPPY, titik. Bingungnya besok lagi aja!

 

Rabu, 7 Agustus 2006

Di, gue ke warnet lagi tadi sore. Kebeneran banget lho, gue chatting lagi sama si teteh Juwi. Sekarang gue udah lebih pede. Maklum, gue kan sebelumnya udah sholat zuhur ama ashar. Meskipun subuhnya kelewat lagi. Hihihi… ups, sori. Kata si teteh kan kalo belum sholat nggak boleh nyengir.

“Assalamu’alaikum, roger-roger… tuxedo23 memanggil sailormoon, eh, bunga_nusantara861. apa kabar?” gue nyapa doi duluan. Tapi doi lama banget jawabnya.

“Wa’alaikum salam. Sori banget nih. Aku lagi sibuk berat buat nyiapin makalah biologi. Nggak apa-apa ya chatting-nya jadi sambilan dulu?”

“Oh, nggak apa-apa. Or you bth bantuan?” (pdkt dimulai)

“Ah nggak usah. Terima kasih. Anak bawang kan blm ngerti biologi J”

Aduh, gue down dibilang anak bawang.

“Anak bawang yg ini beda, lho!” jawab gue sekenanya

“Ya udah lain waktu lagi aja ya? Tugas saya udah selesai, udah mau maghrib lagi. Udahan dulu ya? Eh, kmu mau sholat maghrib, nggak?” tanya doi.

Aduh, gue bingung lagi di. Suer! Gue nggak bawa buku panduan sholat. Sholat maghrib berapa rakaat ya?

“Iyya dong!” jawab gue. (Diiyakan sajalah)

“Eh kak lupa. Saya boleh nanya nggak? Ini masalah serius lho” tanya gue.

“Nanya sih boleh, tapi kalo ngejawabnya, gimana pertanyaannya dulu. Tapi jgn skrng ya? Udah mau maghrib. Katanya kmu mau sholat maghrib?” jawab doi.

Nah lho gue bingung lagi, emang sholat maghrib jam brapa?

“Iya deh. Tapi kapan, kak?”

“Lain kali aja, oke? Assalamu’alaikum…”

 

Jum’at, 9 Agustus 2006

Di, hari ini gue chatting lagi sama doi. Tapi nggak lama. Gue telat sih. Pas gue online, doi udah mau kelar. Jadi deh chatting-nya nggak puas.

“Assalamu’alaikum Kak Bunga…” lagi-lagi gue nyapa duluan.

“Wa’alaikum salam. Eh kacamata, apa kabar?” tanyanya.

“Baik bgt dong! Kakak sendiri gmana?” gue balik nanya.

“Alhamdulillah. Eh, nama kamu siapa sih? Saya nggak enak manggil kacamata terus.”

“Nama saya Irvan, kak” jawab gue singkat

“Van, saya udah mau selesai nih. Gmana dong?”

Aduh, gue telat lagi.

“Ya nggak apa-apa, kak” jawab gue

“Eh kak, soal nanya kemarin itu gimana?”

“Ya udah, tanya aja..”

“Kak, klo ada yang suka sama kakak trus mengungkapkan rasa sukanya ke kakak gmana kak” Tanya gue pede. Doi rada-rada lama ngejawabnya. Bingung, atau nebak-nebak kali…

“Yang pasti saya menghargain banget kejujuran cowok itu.” Jawabnya singkat.

“Berarti bakalan diterima, dong?” gue penasaran.

“Blum tentu!”

“Koq?” tanya gue bingung.

“Ada syarat-syaratnya dong.”

“Syaratnya apa aja kak?” gue tambah penasaran.

“Gampang aja. Pertama dia harus seagama alias muslim” Asyik, gue lulus, nih!

“terus..?”

“Yang kedua, dia harus ikut aktif di rohis sekolah.”

“Ooo… terus?”

“Terusannya nanti lagi, ya…. Sekarang saya mau pulang dulu. Assalamu’alaikum..”

 

Sabtu, 10 Agustus 2006

Aduh, masalah ini berat banget Diary. Baru sampai syarat yang kedua aja udah begini. Gimana syarat selanjutnya ya? Aktif di rohis? Ngaji? Pake baju koko? Hihihi… bagaimana mungkin? Sholat saja daku belum lancar…

Wah, kalo kasusnya begini, gue nggak berani ketemu si teteh lagi deh! Gimana dong, Di?apa gue harus ikutan rohis? Wah, seisi sekolahan bisa meledak nih kalo gue ikut rohis! Tapi… Ah, bodo deh. Yang penting dapet si teteh!

 

Senin, 12 Agustus 2006

Halo Diary, apa kabar?

Eh Di, tadi gue ketemu Yusuf, ketua rohis sekolah gue. Dia nyambut gue, lho waktu gue bilang mau ikutan rohis. Padahal, bacaan ngaji aja gue masih blepotan. Bodo amat, ah! Yang penting syarat kedua udah gugur.

 

Senin, 26 Agustus 2006

Diary sayang, abis gue hari hari ini. Saat rasa kangen menggebu, yang dateng justru kelabu! Abis gue! Tadi gue ke warnet. Maklum aja, udah 2 minggu lebih gue nggak chatting sama si teteh Juwi. Bahkan, gue juga nggak ketemu doi di sekolah.

Di, lo mau denger cerita gue hari ini nggak? Kelabu 13 deh! Hari ini gue warnet, dan biasa, gue ketemu doi di dunia maya. Dan kesempatan itu tadinya gue anggap sebagai sebuah peluang emas. Gue pede lho waktu itu. Kan gue udah ikutan rohis, dan udah bisa ngaji. Hihihi.. eh, sekarang nggak apa-apa gue ketawa. Kan gue udah rajin sholat!

“Assalamu’alaikum teteh..” seperti biasa, gue duluan yang nyapa.

“Alaikumsalam. Eh Irvan, udah lama nih. Kok nggak online? Sehat aja kan?” tanya doi, asyik.

“Alhamdulillah baik kakak. Biasa kak, orang sibuk” jawab gue pede.

“Iya deh yg sibuk!” kata doi. “Eh, kayanya kmu lg sumringah bgt, ya?” doi balas nanya.

“Hihihi… iya dong, kak. Kan Irvan udah ikutan rohis” jawab gue polos. (eh, polos apa bodoh, ya?)

“Kmu ikutan rohis, Van? Tanyanya lagi.

“Kan ikutan kata kakak kemarin…” Aduh gue baru sadar kalo gue itu bodoh abis!

“Oh, berarti yg kmu tanyaain kemarin itu asli, ya?” tanyanya lurus.

“Eee…”Gue bingung banget jawabnya.     

“Eh… nggak apa-apa lagi, Van. Saya udah bilang, saya bakal menghargai banget kejujuran itu.” Asyik… gue girang banget lho waktu itu.

“Kalo begitu, syarat selanjutnya apaan, kak?” aduh, bodohnya gue keluar lagi! Kok bisa ya gue penasaran kayak gitu?.

“Emang kmu masih pede mau maju?” tanya doi lagi.

“Nggak apa-apa kan kak?” gue balik nanya.

“No problem. Syaratnya gampang aja koq. Syarat ketiga atau yg terakhir, kmu harus serius. Bisa nggak?” tanya doi. Hmm… gue bingung sejenak.

“Bisa, kak.” Gue pede.

“Bagus deh klo gitu. Kalo kmu serius, kpn kmu mau ktemu ortu saya?” haa… gue bengong. Asli, nggak bohong.

“Maksudnya?”

“Van, klo seorang cowok punya keinginan serius sama seorang cewek, dia harus ktemu sama ortu ceweknya. Klo udah deal, trus tentuin waktu akadnya. Abis akad, baru deh resmi jadian.” Jawabnya panjang.

Suer, Di. Gue bingung plus bengong.

“Berarti merit dulu dong baru pacaran?” tanya gue

“Emang maunya gimana?” doi malah balas nanya.

“Maunya….”

 

Sabtu, 8 Februari 2014

Diary, aku sempat tersenyum membaca curhatku padamu dulu. Terima kasih, engkau mau mendengar. Allah memang Mahaberkehendak. Kuyakini itu. Jodoh memang tidak memandang usia. Dan kini, si teteh itu sudah di sini, ada di sisi, lho! Untung saja aku sabar, Alhamdulillah.

Diary, selanjutnya aku harus mikir-mikir untuk curhat sama kamu. Kamu kan bukan mahramku, hihihi… (aku udah sholat, lho!). Good bye Diary, aku mau…..[]

 

Kamus bahasa aneh:

Ngeceng: Mejeng alias cari-cari perhatian

Gebetan: cewek/cowok yang ditaksir

Garing: Menjemukan/membosankan

Teteh: Kakak (perempuan/sunda)

Salting: Salah tingkah, Man!

Jaim: Jaga Imej, dong ah!

Tengsin: Malu berat gitu, lho!

Pdkt: Pendekatan, bro!

Rohis: Masa nggak tau sih?

Kelabu 13: Apes berat, coy!

Merit: Nikah (asyi…k!)

 

Sumber: Majalah SOBAT Muda, Edisi 08/Mei 2005